by

Seperti Inilah Perkembangan Bayi 6 Bulan dan Cara Memaksimalkannya

Bayi 6 Bulan РPerkembangan indera dan kemampuan motorik bayi sebenarnya sudah dimulai di usia 5 bulan. Namun pada usia 6 bulan adalah saat yang paling tepat unttuk mengoptimalkan kemampuan si kecil. Pada usia ini pula bayi yang memiiki berat 6,4-9,,7 kg mulai tertarik untuk memegang atau meremas sesuatu, tentu ini juga menjadi warning tersendiri untuk kita sebagai orangtua untuk mengawasi agar mereka tidak memasukkan benda-benda yang dipegang  ke dalam mulut mereka. Selain itu masih ada banyak perkembangan yang dialami oleh bayi usia 6 bulan antara lain :

1. Indera Penglihatan

Pada usia 6 bulan seorang bayi tidak hanya tertarik dengan benda besar yang berwarna-warni namun juga dengan benda yang memiliki ukuran yang lebih kecil seperti manik-manik. Sebaiknya Anda mulai membiarkan mereka belajar tentang warna-warna baru agar kemampuan motorik penglihatan mereka berkembang.

2. Motorik

Perkembangan paling menonjol pada bayi usi 6 bulan adalah pada kemampuan motorik mereka. Mereka akan mulai tertarik memegang benda dengan variasi tekstur seperti air, rerumputan, dan sebagainya. Selain itu mereka akan mulai kuat mengangkat kepalanya sendiri dan mencoba untuk berguling. Untuk melatih kemampuan motorik mereka agar optimal dapat dilakukan dengan cara membiarkan mereka bermain dengan tubuhnya, biarkan mereka mencoba berguling, menendang, atau memegang dan mencoba meraih banyak barang. Anda tidak  perlu khawatir karena apabila hal tersebut dilakukan dengan pengawasan dan sering kita latih maka itu menjadi stimulun yang baik agar perkembangan motorik sang bayi meningkat.

3. Indera Perasa

Bayi 6 Bulan

Bayi pada usia ini juga mulai suka memasukan tangan mereka ke dalam mulut dan menghisapnya. Oleh karenanya Anda harus memastikan bahwa mereka tidak memasukan barang yang berbahaya ke dalam mulut mereka. Sebaiknya Anda memberikan mereka mainan bayi yang lembut atau teether, hal tersebut juga dapat menstimulasi kemampuan motorik mereka dengan catatan Anda memastikan kebersihannya.

4. Indera Pendengaran

Sejak dari kecil kita terbiasa menghindarkan suara-suara yang mengganggu untuk Anak kita, baik itu karena suara yang terlalu keras maupun terlalu berisik. Hal ini merupakan bentuk kehati-hatian yang baik. Namun perlu kita perhatikan juga bahwa musik yang lembut justru akan mengembangkan kemampuan si bayi. Anda bisa memperdengarkan musik klasik untuk bayi Anda, atau alangkah lebih baik jika memperdengarkan lantunan ayat suci Al-Quran jika Anda seorang muslim.

Sebagai catanan seorang anak memiliki tingkat kemampuan yang berbeda untuk berkembang di usia 6 bulan. Ada anak yang sudah bisa berguling tetapi ada banyak juga yang belum, ada anak yang sudang bisa mengangkat kepalanya tapi ada juga yang belum. Anda tidak perlu khawatir jika si kecil lambat perkembangannya karena kita bisa menggunakan beberapa cara di atas untuk mengoptiumalkan kemampuan mereka. Sebenarnya usia 6 bulan baru awal dari perkembangan seorang anak, di usia ini adalah saat dimana kita merangsang mereka agar bisa melakukan aktifitas mandiri seperti duduk stabil di usia 7-8 bulan, makan sendiri di usia 9 bulan, dan minum dari gelas di usia 1 tahun.

Bayi di usia 6 bulan juga sudah mempunyai minat dan rasa ingin tahu yang besar terhadap dunia. Oleh sebab itu di usia ini kita juga bisa memberikan rangsangan dengan hal-hal yang mereka sukai. Sebagai contoh kita dapat mengajak mereka untuk membaca buku bergambar, selain itu mengajak ngobrol atau berbicara kepada bayi juga terbukti dapat meningkatkan kemampuan motorik mereka.

Semoga bermanfaat!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed